Minggu, 02 Agustus 2020

Painan, Humas-- Sebanyak 202 siswa MAN 2 Pesisir Selatan mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Program Indonesia Pintar (PIP) Tahap II. PIP adalah bantuan dana pendidikan dari dalam bentuk bantuan dana tunai yang diberikan kepada siswa sekolah dan madrasah. 

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Madrasah Ahmad Asdi pada Jumat (24/07). Menurut keterangannya, pada tahun 2019 memang telah diajukan data siswa oleh pihak Madrasah melalui Kementrian Agama untuk program bantuan tersebut. 

Menurutnya, sesuai aturan, siswa yang diajukan adalah pemegang kartu Indonesia pintar (KIP), program keluarga harapan (PKH), kartu keluarga sejahtera (KKS) maupun Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Semua data siswa diusukan dan diupdate sesuai kondisi siswa dan diverifikasi di pusat. Selanjutnya disingkronkan dengan Data Tepadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada kemensos. Maka sejumlah 202 siswa tersebut mendapat bantuan PIP Tahap yang diberikan untuk tahun ini. 

"Sejak Rabu kemarin sampai Kamis, bantuan dana pendidikan dari pemerintah tersebut didistribusikan secara langsung dalam bentuk dana tunai pada siswa penerima PIP di madrasah itu. Kebijakan tersebut terkait Pandemi, dinaba bantuan PIP tesebut diberikan dalam bentuk dana tunai yang langsung diambil pihak madrasah ke Bank. Selanjutnya, dana tunai itu dibagikan pada siswa penerima PIP," Ungkap Asdi.


"Jadi bukan siswa yang langsung mencairkan di Bank. Kita telah mengambil dari Bank, dana PIP dari pemerintah untuk 202 siswa kita sejumlah dua ratus dua juta rupiah. Sejak kemarin kita sudah membagikan pada siswa secara bertahap dan selesai hari ini. Sesuai ketentuan, 202 orang siswa tersebut menerima dana PIP sebanyak satu juta rupiah per orangnya," ungkap Asdi.

"Kami juga sudah mengingatkan siswa agar menggunakan dana tersebut untuk kepentingan pendidikan mereka. Kita pantas berterima kasih pada pemerintah yang telah menganggarkan dana tersebut bagi membantu pendidikan para pelajar. Kita juga bersyukur sebanyak 202 orang siswa ikut sebagai penerima bantuan," pungkasnya. 

Sementara itu, menurut Martatis selaku bendahara MAN 2 Pessel yang ikut membantu mendistribusikan dana tersebut, bantuan sudah sampai ke tangan siswa yang tercatat sebagai penerima PIP. Menurutnya, pihak madrasah hanya membantu penyaluran dana. Semua dijalankan sesuai aturan. Dimana 202 siswa tersebut menerima sebanyak satu juta per orang tanpa dikurangi sedikitpun. (Weni)|Mira

0 komentar:

Posting Komentar

PPID MAN 2 PESISIR SELATAN

Menyediakan Pelayanan Informasi Publik Yang Prima Dalam Rangka Mewujudkan Transparansi Publik Menuju Unsur Good Govermance

man2pessel-ppid.blogspot.com

Menyambut datangnya tahun baru Islam, umum bagi sesama muslim mengirim ucapan selamat disertai doa awal tahun. Supaya pada tahun depan, kita akan semakin baik serta apa yang dikerjakan diberkahi oleh Allah SWT..

Kementrian Agama Republik Indonesia

10 Penulis MAN 2 Pessel Serahkan Langsung Buku Perdana Pada Ka.Kanwil

Popular Posts