Senin, 09 Maret 2020




Painan, Inmas -- Tiga orang siswa perempuan MAN 2 Pesisir Selatan mengikuti Festival Qasidah Tingkat Nasional ke-24 yang berlangsung di Jakarta. Tiga orang siswa MAN 2 Pesisir Selatan bergabung dengan kontingen lain di DPW LASQI Provinsi Sumatra Barat sebagai peserta qasidah rabana klasik tingkat remaja, tiga siswa itu yaitu, Nosa Maghfira YN kelas 12 IPA 2, Lathifa Khairah kelas 12 IPA 1, dan Rhaudia Tuzzahra Ramadhani kelas 12 IPS 1. Kegiatan ini berlansung 5 hari dari tanggal 16—20 Desember 2019.
Kepala MAN 2 Pessel, Ahmad Asdi menjelaskan, "Kegiatan diadakan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan nilai-nilai agama melalui musik religius yang dituangkan dalam musik qasidah, dimaksudkan pula untuk menangkal pangaruh budaya asing dan musik asing yang sudah mulai membudaya di Indonesia," jelasnya, Rabu (11/12).
"Apalagi, kesenian bernafaskan Islam, sangat dominan untuk menangkal budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa, maupun nilai keagamaan yang dapat berdampak negatif merusak moralitas generasi muda," lanjut Ahmad Asdi.
Potensi seni qasidah yang merupakan potensi budaya bangsa ini telah dihimpun dan dibina serta diarahkan dalam satu wadah yakni LASQI dan diharapkan berdaya guna dan berhasil guna sehingga seni qasidah layak ditampilkan sebagai kesenian Islam dalam membentuk watak dan akhlakul karimah masyarakat.
Seni qasidah sebenarnya telah mengakar di hati masyarakat. Seni qasidah mempunyai peran strategis dalam pengembangan syiar agama dan sebagai media dakwah Islam dalam menumbuhkembangkan serta meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan umat kepada Allah SWT. Seni qasidah juga mampu memupuk kesetiakawanan dalam pembangunan bangsa.
Ahmad Asdi sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat berlomba kepada siswa yang ikut berlomba. Mendoakan semoga dapat tampil sempurna. "Pasang niat untuk dapat tampil sebagai juara, insyaallah juara dan jangan lupa istirahat agar bisa tampil maksimal," ujarnya.
"Dan jangan lupa jaga kesehatan, selamat berlomba dan selamat mengharumkan nama Sumatra Barat khususnya MAN 2 Pesisir Selatan, kita perlu memasyarakatkan nilai dan syiar agama Islam dalam upaya meningkatkan pemahaman, penghayatan ajaran Islam serta mensyiarkan dahwah Islam melalui seni musik islami (qasidah) guna membangun masyarakat cerdas, mandiri, kreatif dan berakhlakul karimah," Tambah Ahmad Asdi.(Indra Naldi/zon)

0 komentar:

Posting Komentar

PPID MAN 2 PESISIR SELATAN

Menyediakan Pelayanan Informasi Publik Yang Prima Dalam Rangka Mewujudkan Transparansi Publik Menuju Unsur Good Govermance

man2pessel-ppid.blogspot.com

Menyambut datangnya tahun baru Islam, umum bagi sesama muslim mengirim ucapan selamat disertai doa awal tahun. Supaya pada tahun depan, kita akan semakin baik serta apa yang dikerjakan diberkahi oleh Allah SWT..

Kementrian Agama Republik Indonesia

10 Penulis MAN 2 Pessel Serahkan Langsung Buku Perdana Pada Ka.Kanwil

Popular Posts