Senin, 27 Juli 2020

Painan, Humas-- MAN 2 Pesisir Selatan mendapat kunjungan dari Kantor Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prov Sumbar pada Rabu (22/07) yang didampingi BKKBN Kab. Pesisir Selatan. Kunjangan tersebut terkait kesiapan Madrasah sebagai Madrasah Sadar Kependudukan (MSK).

Menurut Kepala Madrasah, Ahmad Asdi, MAN 2 Pessel telah menyatakan diri sebagai Madrasah Siaga Kependudukan (MSK) berdasarkan SK Nomor: 023/ma.03.1.2/KP.00.3/01/2020 tertanggal 17 Januari 2020.

Dalam monitoring dan evaluasi tersebut, M Hairullah Kasubdit Kerja sama Pendidikan Kependudukan BKKBN Prov Sumbar menyampaikan BKKBN siap memfasilitasi MAN 2 Pessel sebagai Madrasah Siaga Kependudukan (MSK). Menurutnya, Ada MOU dengan Kanwil Kemenag Prov Sumbar tentang pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK). Berdasarkan MOU, nama SSK berganti nama menjadi MSK.

Lebih lanjut, M Hairullah membicarakan perlunya memasukkan pelajaran tentang kependudukan di Madrasah. Hal itu termasuk salah satu syarat sebuah Madrasah Sadar Kependudukan. 
Ia juga berharap madrasah bisa menjadi percontohan MSK. Untuk itu perlu terlebih dahulu direalisasikan syarat-syarat menjadi MSK. Pertama, terintegasinya materi kependudukan dalam mata pejajaran di kelas. Kedua, ada papan nama MKS di madrasah itu. Ketiga, terbentuknya pojok kependudukan dalam hal ini bisa digabungkan dengan pojok Literasi Madrasah. Terakhir, adanya kegiatan sosialisasi kepada siswa dan guru tentang MSK. 

Di akhir kunjungan, Kepala Madrasah menyatakan MAN 2 Pessel siap menjadi sekolah/Madrasah percontohan untuk MSK. Selain itu madrasah siap bekerjasama dengan BKKBN, termasuk menyediakan berbagai fasilitas untuk itu. 

Menurut Asdi, hal yang paling mendesak saat ini adalah melatih guru dalam hal mengintegrasikan materi kependudukan ke dalam mata pelajaran dimana guru nanti akan memberikan materi kependudukan pada siswa di kelas sehingga siswa siap berperan aktif dalam masalah kependudukan di lingkungan sekitarnya. (Weni)vn

0 komentar:

Posting Komentar

PPID MAN 2 PESISIR SELATAN

Menyediakan Pelayanan Informasi Publik Yang Prima Dalam Rangka Mewujudkan Transparansi Publik Menuju Unsur Good Govermance

man2pessel-ppid.blogspot.com

Menyambut datangnya tahun baru Islam, umum bagi sesama muslim mengirim ucapan selamat disertai doa awal tahun. Supaya pada tahun depan, kita akan semakin baik serta apa yang dikerjakan diberkahi oleh Allah SWT..

Kementrian Agama Republik Indonesia

10 Penulis MAN 2 Pessel Serahkan Langsung Buku Perdana Pada Ka.Kanwil

Popular Posts