Senin, 09 Maret 2020


Painan, Inmas -- MAN 2 Pesisir Selatan mulai menggunakan Aplikasi Raport Digital (ARD). Kepala MAN 2 Pessel, Ahmad Asdi mengatakan, "Di era sekarang ini menggunakan segala sesuatu yang berdasarkan pada hal-hal eletronik dan digital adalah sebuah kebutuhan, untuk dapat membantu dan meningkatkan kinerja," ungkapnya, Rabu (11/12).
Ahmad Asdi juga menjelaskan, ARD dimaksudkan sebagai bentuk digitalisasi seiring kemajuan teknologi dan juga guna meringankan tugas para guru kedepan nantinya. "Rapor merupakan dokumen yang tidak dapat dilepaskan dari dunia pendidikan. Menurut penerapan ARD, pendidikan madrasah akan turut menjawab perkembangan zaman sekaligus memenuhi harapan publik akan peningkatan kinerja pendidikan di madrasah," ujar Ahmad Asdi.
Ia juga mengatakan, "ARD mulai dikerjakan hari Rabu 11 Desember 2019 sampai tiga hari sebelum tanggal penerimaan rapor, yang direncanakan pada tanggal 21 Desember 2019. ARD ini dikerjakan oleh 70 orang guru terdiri dari 23 rombel dan 23 orang wali kelas, dengan jumlah siswa 660 orang," lanjutnya.
Dalam ARD terdapat dua jenis akun, yaitu akun operator madrasah dan akun guru. Keduanya dapat mengakses aplikasi dengan alamt yang sama, yang membedakan adalah username masing-masing akun operator madrasah, username menggunakan NPSN madrasah, sedangkan paswordnya menggunakan digit angka yang sudah dikirim melalui email atau melalui HD. Sedangkan bagi guru (guru mata pelajaran, dan wali kelas), akun username dan kata sandi ARD dibutkan oleh operator ARD.
Lebih lanjut Ahmad Asdi mengatakan, "ARD bertujuan agar pencatatan terhadap hasil pembelajaran siswa lebih cepat dan akurat, dan berharap pada pengisian ARD wali kelas dan guru mata pelajaran dapat melakukan pengolahan nilai rapor dengan baik, meminimalisir kesalahan penginputan nilai, serta dapat melakukan perbaikan dalam kekeliruan data pada penilaian, sehingga guru dapat mengsingkronkan dokumen penilaian harian tugas siswa serta penilaian akhir semester ganjil ini kedalam ARD," lanjutnya.
"Memang di awal pengerjaan ARD ini tidak mudah karena server kadang terganggu dan masih ada guru yang belum memahami sepenuhnya, tapi kami yakin pada penggunaan ARD akan lebih efisien tanpa terkendala dengan semangat guru MAN 2 Pesisir Selatan untuk mempelajari, memahami ARD dengan penuh semangat," tambah Ahmad Asdi.
Sementara itu Wakil Kurikulum, Metriadi mengatakan, "Bagi guru MAN 2 Pesisir selatan teruslah belajar, ARD ini wajib tidak ada kata tidak bisa untuk melakukannya, demi menuju madrasah yang lebih baik," tutrnya.(Indra Naldi/zon)

0 komentar:

Posting Komentar

PPID MAN 2 PESISIR SELATAN

Menyediakan Pelayanan Informasi Publik Yang Prima Dalam Rangka Mewujudkan Transparansi Publik Menuju Unsur Good Govermance

man2pessel-ppid.blogspot.com

Menyambut datangnya tahun baru Islam, umum bagi sesama muslim mengirim ucapan selamat disertai doa awal tahun. Supaya pada tahun depan, kita akan semakin baik serta apa yang dikerjakan diberkahi oleh Allah SWT..

Kementrian Agama Republik Indonesia

10 Penulis MAN 2 Pessel Serahkan Langsung Buku Perdana Pada Ka.Kanwil

Popular Posts