Kamis, 13 Agustus 2020

 

Painan, Humas--MAN 2 Pesisir Selatan mengadakan kegiatan lokakarya dalam rangka meningkatkan kapasitas dan profesionalisme guru dalam menghadapi tantangan pembejaran di era New Normal dan Abad 21. Kegiatan yang diadakan di ruang aula madrasah itu, dibuka pada Senin pagi (10/08) dan direncanakan akan berlangsung selama tiga hari yakni sampai tanggal 13 Agustus 2020 mendatang. 

Hadir dalam pembukaan lokakarya, Ka. Kankemenag Pesisir Selatan H Abrar Munanda. Dalam arahannya saat membuka acara, Kakankemenag menyampaikan beberapa hal penting. Diantaranya adalah menyampaikan kembali pesan dari Menteri Agama terkait syarat yang harus dipenuhi oleh madrasah dalam mengadakan pembelajaran tatap muka. 

Menurut Abrar, Menag telah menyampaikan sekurangnya ada empat persyaratan yang harus dipenuhi oleh madrasah jika hendak mengadakan pembejaran tatap muka. Syarat pertama adalah perlunya menyiapkan lingkungan madrasah yang aman dari Covid-19. Syarat kedua, guru dan tenaga kependidikan lainnya juga mesti aman dari Covid-19. Sedangkan yang ketiga dan keempat, siswa juga harus aman dari Covid-19 dan perlunya pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Terkait Lokakarya yang digelar oleh MAN 2 Pessel, Kakankemenag berharap kegiatan tersebut dapat diikuti dengan baik oleh para peserta pelatihan. Mengakhiri arahannya, Kakankemenag lalu membuka kegiatan tersebut secara resmi. Selesai pembukaan tersebut, para peserta mengikuti sesi pertama dari kegiatan lokakarya dengan pemateri Feri Fren dari LPMP Sumbar. 

Kepala MAN 2 Pessel Ahmad Asdi menyatakan bahwa lokakarya tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan guru terutama dalam menyikapi pembelajaran daring di era New Normal ini. Termasuk dalam menghadapi tantangan pembejaran abad 21. Ia berharap lokakarya ini dapat meningkatkan kapasitas dan profesionalisme guru. 

Berdasarkan data dari ketua panitia pelaksana Metriadi, lokakarya di tersebut diikuti oleh sekurangnya 73 orang peserta yang terdiri dari tenaga pendidik MAN 2 Pessel dan Madrasah swasta yang termasuk KKM yakni MAS Iqra Barung-Barung Belantai. Menurutnya, materi lokakarya pada sesi kedua hari Selasa akan disampaikan oleh Agusrida, Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Padang. Sedangkan hari ketiga, akan diadakan pemantapan tutorial penggunaan aplikasi Geschool oleh instruktur yang berasal dari madrasah itu sendiri. (Weni)

0 komentar:

Posting Komentar

PPID MAN 2 PESISIR SELATAN

Menyediakan Pelayanan Informasi Publik Yang Prima Dalam Rangka Mewujudkan Transparansi Publik Menuju Unsur Good Govermance

man2pessel-ppid.blogspot.com

Menyambut datangnya tahun baru Islam, umum bagi sesama muslim mengirim ucapan selamat disertai doa awal tahun. Supaya pada tahun depan, kita akan semakin baik serta apa yang dikerjakan diberkahi oleh Allah SWT..

Kementrian Agama Republik Indonesia

10 Penulis MAN 2 Pessel Serahkan Langsung Buku Perdana Pada Ka.Kanwil

Popular Posts